Menkominfo – Rudiantara

Rudiantara resmi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) baru di Kabinet Kerja Jokowi selama lima tahun ke depan. Rencananya ia akan dilantik keesokan harinya, Senin 27 Oktober 2014 pukul 11.00 WIB siang.

Tentunya nama Rudiantara sudah tidak asing lagi di dunia industri telekomunikasi Indonesia. Rudiantara telah lama malang melintang berkarir di industri telekomukasi. Ia menduduki posisi penting di perusahaan operator seluler Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata (sebelumnya Excelcomindo Pratama) hingga tahun 2006.

Kemudian, Rudiantara sempat keluar dari industri telekomunikasi dan pernah menjabat sebagai wakil direktur utama Semen Gresik dan wakil direktur utama Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Selanjutnya pria kelahiran Bogor, 3 Mei 1959 ini lalu kembali lagi ke dunia industri telekomunikasi sebagai komisaris di Telkom. Kini, Rudiantara duduk sebagai komisaris indpenden di Indosat per 1 November 2014 dan merangkap jabatan di beberapa perusahaan lain.

Berkaitan dengan terpilihnya sebagai Menkominfo, Rudiantara akan menghadapi tugas berat untuk membereskan permasalahan Teknologi Informasi (TI) di Tanah Air. Beberapa tantangan terberatnya adalah peningkatan infrastruktur, kecepatan internet, dan tata kelola spektrum frekuensi di Indonesia.

Rudiantara menyisihkan sejumlah nama lain yang sempat disebut-sebut bakal menjadi Menkominfo. Beberapa di antaranya adalah Direktur Utama RRI, Rosarita Niken Widiastuti; Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora & Mantan Humas Kemenkomifo, Gatot S. Dewa Broto; dan Ferry Mursyidan Baldan dari Partai Nasional Demokrat.

Advertisements